Tips Membeli Rumah Pertama Agar Kamu Tidak Salah Pilih

Tips Membeli Rumah Pertama Agar Kamu Tidak Salah Pilih.kali ini mimin akan kasih penjelasn beberapa tips untuk kalian sebelum membeli rumah yang bisa kalian pakai tips ini agar tidak salah pilih dalam membeli rumah

Kenali Pajak Pembelian Rumah Sebelum Anda Membeli Rumah

yang disupport oleh IDN Poker Pulsa 10rb

Membeli rumah baru maupun bekas memang membutuhkan strategi/pertimbangan supaya tidak terjadi penyesalan di kemudian hari. Belum lagi dengan cara pembayaran yang berbeda, baik secara cash maupun kredit.

Selain itu, setiap tahun harga rumah terus mengalami kenaikan bahkan pada  era pandemi virus corona baru. Jadi kamu harus tahu kebutuhan rumah apa yang akan kalian beli, entah itu rumah KPR, rumah bekas, atau membangun rumah dari awal. Supaya enggak penasaran, Creative-kids info sudah merangkum beberapa tips membeli rumah baru, KPR, maupun bekas yang patut kamu pertimbangkan.

 

Tips membeli rumah baru

Buat keluarga yang masih muda/baru biasanya akan agak bingung untuk membeli rumah karena banyaknya developer yang menyediakan jenis rumah beserta harga yang kompetitif. Supaya tidak penasaran, kamu bisa mengikuti tips membeli rumah untuk pasangan muda di bawah ini.

1. Perhatikan kebutuhan keluarga

Tips membeli rumah cash/kredit pertama, kamu harus tahu kebutuhan apa saja yang diperlukan dari sebuah tempat tinggal. Kamu bisa membicarakannya dengan keluarga beberapa persoalan ini:

  • Berapa jumlah kamar yang butuhkan?
  • akan direnovasi di masa depan?
  • perlu memiliki taman yang luas?
  • perlu garasi mobil?

Bila sudah menemukan dari jawaban  atas, kamu akan lebih mudah untuk membeli rumah  Jakarta atau di luar ibukota sesuai kebutuhan dan tips. Kamu juga bisa menjadikan catatan itu sebagai acuan untuk menyortir hunian-hunian masa depan kamu maupun keluarga.

2. Gunakan agen properti atau cari sendiri

Sekarang ini membeli rumah bisa melalui situs properti dan caranya kian mudah. Kamu punya keleluasaan untuk mencari, membandingkan, dan langsung mengontak pemilik rumah dari iklan yang ditayangkan di situs itu.

 

Bila hendak mencari rumah sendiri, kamu harus punya waktu yang cukup untuk melakukan semuanya. Selain itu, kamu juga bisa meminta tolong jasa agen properti untuk mencarikan rumah idaman sesuai keinginanmu. Hanya saja kamu perlu menyiapkan komisi untuk membayar fee agen properti itu.

3. Lokasi dan akses rumah idaman

Salah satu faktor penentu yang layak jadikan pertimbangan adalah lokasi. Faktor ini juga berkaitan dengan akses dan harga rumah. Rumah yang berada di pusat kota tentu memudahkan penghuninya bepergian ke mana-mana. Hanya harga tanahnya tentu akan sangat mahal sehingga calon pembelinya memerlukan waktu untuk menabung lebih lama.

Sementara rumah yang berada di pinggiran kota memiliki harga yang lebih murah, hanya saja lebih menyita waktu untuk bepergian ke pusat kota. Solusinya, kamu bisa mencari rumah  daerah pinggiran yang mudah dilalui kendaraan umum bila budget terbatas. Membeli rumah yang dekat dengan stasiun, terminal, dan halte bus, menjadi tips yang tidak boleh kamu lewatkan karena membeli nilai plus.

4. Perhatikan lingkungan perumahan

Tips membeli rumah di Jakarta atau daerah lainnya, dengan memperhatikan dan mencari tahu lebih dalam tentang kondisi lingkungan  sekitarnya. Kamu perlu memastikan bahwa rumah itu bebas banjir atau masuk dalam kawasan yang sehat.

Jadi apabila musim hujan, kamu tidak akan kerepotan mengungsi atau menyelamatkan benda-benda berharga. Selain itu, pastikan juga bila lingkungan juga harus aman dari kasus pencurian, tawuran antar warga perampokan, dan hal-hal buruk lainnya.

5. Fasilitas sekitar rumah

Kamu harus tahu bahwa rumah yang nyaman tentunya dekat dengan berbagai fasilitas dan amenitas. Misalnya supermarket, mesin ATM, dan rumah sakit, merupakan fasilitas yang tersedia di dekat rumah. Lebih bagus lagi bila rumah dekat dengan restoran, mall, atau tempat favorit hiburan. Jadi kamu harus tahu fasilitas apa saja yang ada  sekitar sebelum membeli rumah itu. Tips membeli ini berlaku untuk semua jenis rumah bahkan  perumahan komplek sekalipun.

6. Harga yang sepadan dan pilih skema pembayaran yang sesuai

Hal yang harus diperhatikan saat membeli rumah baru maupun second adalah melakukan survei ke beberapa tempat dengan harga yang setara. Tujuannya supaya kamu bisa membandngkan rumah mana yang paling pas dengan keadaan keuangan.

Selain pertimbangan harga, pilihan skema pembayaran juga tidak kalah penting terutama bila kamu ingin mengambil rumah KPR. Sekedar catatan, bila kamu membeli rumah menggunakan KPR berarti harga total yang harus bayarkan akan melambung tinggi dari harga beli tunai.

7. Spesifikasi material bangunan rumah

Banyak orang yang cuek dengan jenis material yang gunakan untuk membangun rumah. Padahal, ini merupakan faktor krusial untuk ketahui. Kamu bisa melihat berbagai pertimbangan  bawah ini:

  • Rumah berdinding batu bata lebih kokoh dibanding hanya menggunakan batako
  • Lantai dengan pelat beton lebih awet dibanding lantai yang hanya semen dan di keramik biasa
  • Rangka atap baja ringan lebih baik dibanding kuda-kuda kayu

Menimbang hal di atas, kamu harus menanyakan bahan yang gunakan untuk membangun bangunannya, sesuai konsep dan kocek tentunya.

8. Desain rumah sesuai keinginan

Bentuk rumah tentu mencerminkan kepribadian pemiliknya. Bila perlu, kamu bisa mencari rumah yang desainnya cocok dengan selera serta keluarga. Orang yang punya jiwa terbuka biasanya menyukai rumah dengan banyak jendela dan dinding kaca.

Selain itu, banyak pula yang menyukai rumah dengan desain semi tradisional. Orang yang memiliki budget lebih biasanya akan menyewa jasa arsitek untuk memastikan desain rumah sesuai dengan kepribadiannya.

Bila membeli rumah melalui developer, kamu bisa memilih opsi renovasi. Sekarang ini sudah banyak developer yang memberikan keleluasaan pemiliknya untuk melakukan custom desain rumah.

9. Potensi Perubahan Rumah di Masa Depan

Membeli rumah ibarat melakukan investasi jangka panjang. Kamu harus membayangkan apa yang dilakukan pada rumah itu. Kamu bisa mempertimbangkan beberapa hal  bawah ini:

  • Apa kamu akan menjual dalam waktu dekat lalu membeli rumah kota lain?
  • Apa kamu akan menambah beberapa kamar lagi bila memiliki anak?
  • Ataukah kamu berniat untuk merawatnya seumur hidup dan mewariskannya ke anak-anak?

Tips beli rumah ini harus kamu pertimbangkan dan persiapkan supaya tidak merepotkan dikemudian hari.

10. Kesehatan Rumah

Sebuah rumah yang sehat tentunya harus menunjang kesehatanmu beserta keluarga. Berikut beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan:

  • Pengolahan limbah dan sistem drainase
  • Kehadiran ventilasi dan jendela yang cukup supaya udara segar dan sinar matahari dapat masuk dengan baik
  • Lingkungan sekitar yang selalu terjaga kebersihannya dan tidak kumuh

Tips Membeli Rumah Pertama Agar Kamu Tidak Salah Pilih,Kebanyakan orang yang baru pertama kali beli rumah akan bersemangat bahkan sampai mengabaikan tips yang mendasar. Hal itu wajar saja, tapi jangan sampai terbutakan sehingga menyesal beli rumah.

Salah satu solusi yang patut pertimbangkan untuk mencegah kemungkinan terburuk itu adalah dengan asuransi properti. Asuransi ini memiliki berbagai fungsi untuk menjamin keamanan aset rumah beserta isinya serta mengganti bangunan dan properti yang rusak atau hilang