Cara Menjadi Penulis

Cara Menjadi Penulis.Penulis menjadi salah satu profesi yang banyak didambakan sejak dulu. Kini seiring perkembangan zaman, titel penulis tak hanya disematkan pada mereka yang menulis buku atau novel saja, namun juga penulis lepas (freelance) online, penulis naskah untuk media ataupun film. Tidak banyak orang yang tahu bahwa cara menjadi penulis sebenarnya hanya butuh dua hal, yakni konsisten dan niat. Ditambah dengan berbagai strategi dan tips, kamu akan bisa lebih berhasil di bidang ini. yang telah kita rangkum dalam Creative-kids

yang disupport oleh Poker77 Online

Cara Menjadi Penulis yang Sukses

Cara Menjadi Penulis yang Sukses
Sumber foto: ZoFot via Shutterstock

Menulis umumnya digunakan sebagai media untuk menuangkan ide, hasil penelitian, atau bahan perasaan. Namun, bisa juga penulis mengalami writer’s block, yakni merasa buntu dan kesulitan untuk mengekspresikan apapun dalam tulisan. Menjadi penulis yang sukses tentunya butuh proses dan juga kemauan usaha untuk terus berkembang dan belajar dalam bidang tersebut, bisa dicoba dengan tips-tips ini.

1. Banyak Membaca Karya Penulis Ternama

Menulis tidak akan lengkap dengan membaca, sebab rajin membaca adalah modal dan faktor penting untuk jadi seorang penulis yang handal. Dengan membaca, wawasan dan pengetahuan kita akan dunia tulis-menulis akan terus bertambah, dan kamu akan semakin mudah untuk menyampaikan pikiran. Membaca akan menambah dan membukakan pikiran kita terhadap ide-ide baru. Cara yang baik untuk tetap rajin membaca agar menjadi penulis yang handal adalah membiasakan untuk membaca buku dari penulis berbeda, setidaknya 3 buku setiap minggunya.

2. Selalu Mau Belajar

Rahasia jadi seorang penulis yang hebat adalah tidak pernah berhenti belajar. Belajar membantu kamu untuk mempelajari kosakata dan hal yang baru setiap harinya, sehingga perbendaharaan literasi kamu semakin bertambah. Dengan begitu, topik yang akan kamu tulis juga akan menjadi lebih kaya dan seiring waktu dapat meningkatkan kualitas penulisan serta sudut pandang penceritaan. Jangan keburu puas ketika kamu sudah menulis cukup baik, tanamkan dalam pikiranmu bahwa kamu haus ilmu. Sebab, menulis bukanlah pekerjaan yang ringan, ibarat kata menyelesaikan sebuah tulisan mirip dengan lari maraton.

3. Banyak Berlatih Menulis Sejak Dini

Semua hal yang dikuasai pastinya sudah dilatih terlebih dahulu sebelumnya. Begitu pula jika kamu ingin menjadi penulis sukses, maka kamu harus mulai banyak berlatih menulis sejak awal. Seperti ungkapan “Practice Makes Perfect”, rutin melatih diri kita untuk menulis akan membuat tulisan kita jauh lebih baik. Mulailah menulis dari sekarang dan konsisten untuk melakukannya setiap hari. Tidak perlu memikirkan apakah tulisan kamu bagus atau tidak, karena untuk bisa menjadi bagus kamu memerlukan proses. Cukup tulis apa yang ingin kamu tulis, bagaimana cara kita bisa mengkomunikasikan gagasan melalui tulisan tersebut dan terus berlatih. Kamu bisa mencoba menulis di diary, blog, atau jika sudah cukup percaya diri coba kirimkan ke media massa.

4. Catat Ide-ide yang Dimiliki

Ide bisa datang kapan saja dan di mana saja. Agar tidak hilang, segera tulis semua ide tersebut. Kamu bisa memanfaatkan buku catatan yang bisa kamu bawa ke mana saja atau catatan di ponsel. Tulis ide tersebut sebelum lenyap, nantinya kamu akan bisa melihat kembali apa yang sudah kamu tulis dan kemajuan apa yang sudah kamu dapatkan. Blog juga bisa menjadi cara efektif untuk menyimpan ide-idemu.

5. Perbanyak Koneksi di Industri Kepenulisan

Manfaatkanlah media sosial untuk mencari dan memperbanyak koneksi di industri kepenulisan. Kamu bisa melakukannya dengan cara menjadi penulis magang di suatu perusahaan penerbit buku, atau menjadi asisten editor maupun penulis buku favoritmu. Dari sini kamu bisa mendapatkan koneksi yang kamu butuhkan suatu hari jika kamu ingin mencoba menerbitkan bukumu sendiri.

6. Ikut Komunitas Penulis

Selain koneksi di industri kepenulisan, kamu juga bisa mengikuti grup atau komunitas penulis. Di sana kamu bisa berbagi dengan sama penulis. Selain itu komunitas ini juga sering mengadakan pelatihan menulis sehingga bisa menambah ilmu tentang bidang tulis-menulis. Kamu juga bisa membangun dan meningkatkan motivasi untuk menjadi seorang penulis yang handal.

7. Belajar dari Pengalaman

Pengalaman adalah guru terbaik, dan cerita yang bagus berasal dari pengalaman penulis. Contohnya, beberapa waktu lalu banyak orang yang menuangkan pengalamannya menjalani diet tertentu, dan membagikannya dalam bentuk buku untuk menjadi pedoman orang lain yang ingin mencobanya. Atau, orang yang mengalami perjalanan cinta yang pahit, mendorongnya untuk menulis sebuah buku berisi kisah cinta yang berdasarkan pengalamannya. Selain pengalaman seperti itu, pengalaman kesalahan dalam menulis juga bisa menjadi sarana untuk belajar mengoreksi diri dan hindari melakukan hal yang sama.

8. Peka Membaca Selera Pasar

Bukan hanya tugas penerbit untuk membaca pasar, tapi juga tugas kamu sebagai penulis. Membaca pasar bisa kamu lakukan dengan cara mengunjungi toko buku dan melihat buku apa yang paling laris, atau membaca berita. Selain menumbuhkan semangat, membaca pasar juga bisa meningkatkan rasa percaya diri kita misalnya ketika melihat tema yang kita tulis sedang banyak disukai orang. Kamu juga bisa memanfaatkan media sosial penerbit di Indonesia untuk melihat jenis buku apa yang menjadi best-seller.

9. Perhatikan Kebijakan Penerbit

Untuk bisa menerbitkan buku, kamu harus bekerjasama dengan penerbit. Dan tiap penerbit memiliki kebijakan tersendiri untuk hal itu. Jika kamu mau menerbitkan buku, cobalah untuk berbagi dengan pihak editor terlebih dahulu. Apabila mereka tertarik dengan naskah atau gaya penulisan kita, biasanya penerbit akan memberikan banyak masukan. Sebaiknya pertimbangkan dan ikuti. Tak jarang pula penerbit akan membeli tulisan satu penulis yang mereka anggap memiliki karakter dan gaya tulisan yang unik serta faktor yang bisa menjual.

Sambil menjalankan usaha kamu sebagai penulis, jangan lupa juga untuk mengetahui cara pengelolaan keuangan dengan cermat untuk mengatur pendapatan kamu sebagai writer, ya!

Syarat Menjadi Penulis Novel

Syarat Menjadi Penulis NovelSumber foto: Michael Julius Photos via Shutterstock
seiring perkembangan zaman

Novel adalah salah satu jenis buku yang sedari dulu tidak pernah sepi peminat, dan juga merupakan jenis buku yang mudah ditulis oleh semua kalangan. Siapapun, tak terbatas oleh usia, gender, profesi, bisa menulis novel. Meskipun begitu, menulis novel tetap tidak bisa sembarangan, harus terstruktur dan menarik untuk dibaca. Agar dapat menjadi penulis novel yang handal, kamu harus bisa memenuhi beberapa syarat, antara lain:

1. Memiliki Ide-ide Kreatif

Penulis novel yang handal memiliki kemampuan berimajinasi dan menciptakan ide-ide orisinil serta kreatif. Dengan begitu, kamu bisa mengembangkan cara-cara kreatif dalam memecahkan masalah. Apa tema yang kamu inginkan untuk novel yang kamu tulis? Tema untuk novel sangat luas, bisa jadi tentang anak-anak, remaja, petualangan, percintaan, persahabatan misteri, dan lainnya. Dari situ, ide-ide kreatif yang kamu miliki bisa dikembangkan untuk menulis tema terkait yang bagus.

2. Terbiasa Melakukan Riset untuk Cerita

Novel yang bagus didasari oleh kemampuan riset yang baik. Bahkan cara untuk menjadi penulis novel online sekalipun tetap memerlukan riset yang benar untuk memproduksi sebuah kisah yang menarik. Jangan malas melakukan riset, galilah semua informasi yang kamu butuhkan. Manfaatkan internet, buku-buku lain, dan juga mewawancarai orang atau instansi terkait dengan tema cerita yang kamu buat.

3. Terbuka dengan Hal-hal Baru

Tidak menutup diri dari hal-hal yang baru merupakan kunci untuk menjadi penulis novel yang handal. Cobalah bereksperimen dengan bebas, yang berarti kamu tidak harus terfokus pada satu genre cerita saja. Cara ini bisa kamu terapkan ketika kamu ingin menjadi penulis pada platform digital, misalnya Wattpad, di mana kamu bebas menulis novel apapun. Kamu bisa mencoba keluar dari zona nyaman, misal biasanya menulis dengan tema misteri, cobalah untuk menulis tema percintaan. Hal ini juga akan meningkatkan keterampilan menulis kamu.

4. Bisa Menyesuaikan Gaya Bahasa

Sesuaikan gaya bahasa penulisan kamu dengan target pembacamu. Kenali pembacamu agar bisa membentuk gaya komunikasi yang paling tepat dengan mereka. Buat bahasa tulisan yang komunikatif, dibuat seakan sedang berbicara secara alami dengan pembaca. Dengan cara ini, kamu bisa menjadi penulis novel yang terasa dekat dengan pembaca. Oleh karena itu hindari istilah yang hanya diketahui oleh kalangan tertentu (jargon), dan jangan buat pembaca malah jadi berpikir keras untuk memahami pemikiranmu.