Cara Hidup Rukun dengan Orang Lain

Cara Hidup Rukun dengan Orang Lain,Hidup harmonis dengan orang lain adalah hal yang mudah diucapkan, tetapi sulit diterapkan, terutama di lingkungan yang penuh konflik, perselisihan, dan perbedaan pendapat. Jika Anda ingin hidup rukun dengan orang-orang terdekat dan masyarakat, mulailah dengan menjalin hubungan baik dengan teman-teman, anggota keluarga, pasangan, dan tetangga. Kalau terjadi pertengkaran, atasi dengan sikap yang baik dan penuh kesabaran. Bantulah orang lain dalam komunitas. Pastikan Anda mampu berdamai dengan diri sendiri agar Anda bisa hidup rukun dengan orang lain.yang sudah kita rangkum dalam Creative-kids

yang disupport oleh Aplikasi IDN Poker

Menjalin Hubungan Baik dengan Orang Lain

 

Gambar berjudul Live in Harmony with Others Step 1
Libatkan diri dalam acara komunitas.
 Cari tahu informasi tentang kegiatan yang diselenggarakan oleh pengurus RT/RW. Jadilah sukarelawan di lingkungan rumah Anda, misalnya dengan mengikuti kerja bakti untuk membersihkan selokan atau mendonasikan barang/uang untuk acara halalbihalal di kompleks perumahan. Langkah ini merupakan kesempatan berinteraksi dan menjalin silaturahmi dengan tetangga

Lakukan interaksi dengan tetangga.

Temui penghuni rumah di perumahan Anda. Ketuklah pintu rumah tetangga sambil membawa buah-buahan untuknya. Sapalah tetangga yang berpapasan dengan Anda di jalan. Bersikaplah ramah dan bersahabat kepada mereka agar terjalin hubungan baik antarwarga di perumahan Anda.

  • Undanglah tetangga untuk makan malam atau minum kopi bersama agar lebih saling mengenal.
  • Tawarkan bantuan kepada tetangga. Contohnya, jika ada tetangga berusia lanjut, tawarkan bantuan memotong rumput atau menyiram tanaman di halaman rumahnya.

 

Lakukan aktivitas bersama teman-teman secara teratur.

Sisihkan waktu untuk bertemu teman baik agar hubungan tetap akrab dan tidak terputus. Jadwalkan pertemuan dengan teman yang berbeda seminggu atau sebulan sekali agar persahabatan dan komunikasi tetap terjalin.

  • Contohnya, buatlah jadwal minum kopi bersama teman seminggu sekali atau bermain gim dengan beberapa teman sebulan sekali.
  • Ciptakan tradisi dengan teman-teman. Buatlah kesepakatan untuk berkumpul saat salah satu teman berulang tahun atau berwisata bersama setahun sekali.

Nikmati waktu berkualitas bersama anggota keluarga.

Usahakan agar Anda dan anggota keluarga bisa mengalami momen kebersamaan yang indah dan bermakna. Biasakan makan malam bersama anggota keluarga atau ajaklah sanak saudara menginap di rumah. Rencanakan acara keluarga untuk pergi berlibur, terutama jika Anda sudah lama tidak bepergian bersama mereka.[4]

  • Jika Anda tidak akrab dengan sanak saudara, hubungi mereka sesekali. Hubungan lebih harmonis jika Anda menyisihkan lebih banyak waktu untuk mereka.
  • Pertahankan tradisi keluarga dan ciptakan tradisi baru. Berbagi cerita tentang aktivitas sehari-hari dan mengenang momen kebersamaan yang menyenangkan dengan anggota keluarga bisa memperkuat rasa saling memiliki.

 

Gambar berjudul Live in Harmony with Others Step 5

Ungkapkan perasaan dengan jujur kepada teman dan anggota keluarga.

 Bersikaplah terbuka kepada mereka ketika Anda membutuhkan teman untuk berbagi perasaan. Jangan menutup diri atau merasa malu jika Anda ingin menceritakan apa yang sedang dirasakan. Bersikaplah apa adanya agar Anda merasa lega dan terbebas dari beban pikiran dengan dukungan orang-orang terdekat.

  • Contohnya, jika Anda sedang menghadapi masalah, ceritakan kepada teman apa yang Anda alami dan mintalah saran atau dukungannya.

 

Gambar berjudul Live in Harmony with Others Step 6